Problematika Pelaksanaan Pembelajaran Inklusi di SDN Betet 1 Kediri
Abstract
This study aims to reveal the problems that arise when the implementasion of learning in inclusive school take place. Data collection techniques were conducted by interview, documentation, and field observation. Data analysis techniques using analysis of qualitative data verifikatif, that is knowing the hidden meaning behind phenomenon in research location. The result showed that there are four kinds of problem that exist, namely difficulties in modifying curriculum, lack of competence of teachers and students, lack of facilities and infrastructure that support learning and lack of support from parents and community. The solution offered is to increase the number of educators in accordance with the needs of schools and often provide training to them so as to improve the ability to guide students, make relationship with Universities Pshycology Student, establish good relationship between the school and the commitee with the aim to create a good collaboration in realizing the goal of learning the maximum
Downloads
References
Abdul Salim, Pengembangan Model Modifikasi Kurikulum Sekolah Inklusif Berbasis Kebutuhan Individu Peserta Didik, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, Edisi Khusus 1 Juni 2010
Ady Setiawan, 2016, Pelaksanaan Kurikulum Modifikasi di Sekolah Inklusi (Studi Kasus di SDN 4 Krebet, Jambon, Ponorogo), Surabaya: UNESA.
Alfian, Pendidikan Inklusif di Indonesia, Jurnal Edu-Bio, Vol.4 tahun 2013
Budiyanto, et.al, 2013Modul Pelatihan Pendidikan Inklusif, Jakarta: Kemendikbud, RI.
Burhan Bungin, 2010, Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta: Rajawali Press
David J. Smith, 2013, Sekolah Inklusif, Konsep dan Penerapan Pembelajaran, terjemahan Enrica Dennis, Bandung: Nuansa Cendekia.
Depdiknas, 2007, Model Pembelajaran Kontekstual 2, Jakarta: Dirjen Dikdasmen
Effendi, 2008, Pengantar Psikopaedagogik Anak Berkelainan, Jakarta: Bumi Aksara
Endro Wahyuno, Pengembangan Kurikulum Pendidikan Inklusif Tingkat Sekolah Dasar, Jurnal Sekolah Dasar, tahun 23 nomor 1 Mei 2014
Fatah Syukur, 2005, Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasail.
http://beritajatim.com/pendidikan_kesehatan/283595/sekolah_inklusi_sdn_betet_1_kota_kediri_terbesar_di_jatim.html
http://www.beritametro.news/kediri/sekolah-inklusi-gelar-pentas-seni-kebudayaan
https://kedirikota.go.id/read/Berita/2016/08/11/3/6/8114/Kunjungan%20DPR%20RI%20ke%20Sekolah%20Inklusi%20SDN%20Betet%201
https://www.ucnews.id/news/Sekolah-Inklusi-SDN-Betet-1-Kota-Kediri-Terbesar-di-Jatim/560155441948681.html
John W. Santrock, 2008, Psikologi Pendidikan, Jakarta: Kencana, cet ke-2,
Lay Kekeh Marthan, 2007, Manajemen Pendidikan Inklusif, Jakarta: Depdiknas
Lexy J. Moeloeng, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya
M. Syahran Jaelani, Teori Pendidikan Keluarga dan Tanggung Jawab Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Islam NADWA, Vol. 8 Nomor 2 Oktober 2014
Mahmudah, Manajemen Pembelajaran Kelas Inklusi di SDN 7 Sidokumpul Gresik, e-journal UNESA Volume 1 Nomor 1 tahun 2016
Muhammad Takdir Ilahi, 2013, Pendidikan Inklusif, Jakarta: Ar-Ruzz Media
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 70 tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat istimewa.
Puspo Nugroho, Pandangan Kognitivisme dan Aplikasinya dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. Jurnal ThufulA, Vol. 3 Nomor 2 Juli-Desember 2015
Putu Laksman Pendit, 2003, Penelitian Ilmu Perpustakaan, Jakarta: JIP.FSUI
Sharoon E. Samaldino, dkk, 2011, Instrucional Technology & Media for Learning, Jakarta: Kencana
Soemiarti Patmonodewo, 2003, Pendidikan Anak Prasekolah, Jakarta: Rineka Cipta.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zein, 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Rineka Cipta
Sulistyo-Basuki, 2006, Metode Penelitian, Jakarta: Penaku
Suparno, Pendidikan Inklusif untuk Anak Usia Dini, Jurnal Pendidikan Khusus, Vol. 7 Nomor 2 Nopember 2010
Tarmansyah, 2007, Inklusi, Pendidikan untuk Semua, Jakarta: Depdiknas.
Taruri Deti Aniska, Layanan Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusi (SPPI) Sekolah Dasar Wilayah Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta, Juli 2016 Ulber Silalahi, 2009, Metode Penelitian Sosial, Bandung: Unpar Press
Undang-undang Nomor 10 tahun 2003 tentang Pendidikan Nasional
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture