Pendekatan Integratif Pembelajaran Pendidikan Agama Islam ( PAI ) di Sekolah pada Abad Informasi
Abstract
Inovasi dalam pembelajaran PAI di sekolah perlu dilakukan dalam rangka merespon perkembangan masyarakat dan kemajuannya di bidang sains dan teknologi informasi. Arah dan tujuan pendidikan Islam yang hendak mewujudkan peserta didik yang memiliki integritas diniah dan loyalitas nasional karenanya perlu dibarengi dengan ikhtiar intensif bidang keilmuannya. Beberapa aspek keilmuan yang perlu mendapat perhatian antara lain: pertama pembaharuan dalam pendekatan epistemologis pembelajaran PAI dari organisasi kurikulum terkait (korelated curriculum kepada integrated kurikulum) terpadu. Kedua Pembaruan dalam paradigma epistemologis nalar bayani oriented menjadi trilogi nalar Abid al-Jabiri yaitu nalar bayani, nalar irfani, dan nalar burhani dalam pembelajaran PAI. Ketiga mengakomodasi nilai issue-issue global dalam silabi/materi PAI seiring kemajuan zaman dan kompleksitas permasalahan yang dihadapi manusia terlebih komunitas muslim yang harus meresponnya dengan berbuat lokal tetapi berpikir global. Hanya dengan merespon kemajuan dalam konstruksi kekinian maka pendidikan agama Islam di sekolah menjadi kebutuhan dan diperhitungkan keberadaannya.
Downloads
References
Abid al-Jabiri, Formasi Nalar Arab : Kritik Tradisi Menuju Pembebasan dan Pluralisme Wacana Interreligius (Takwin al-‘Aql al-‘Arabi). Terj. Imam Khoiri (Jogjakarta : IRCiSoD, 2003).
---------, 1999, Al-Turath wa al-Hadathah : Dirasat wa Munaqashat (Beirut : Markas Dirasat al-Wahdah al-Arabiyah)
---------, 2004, Problem Peradaban : Penelusuran atas Jejak Kebudayaan Arab, Islam dan Timur , Terj. Sunarwoto Dema (Jogjakarta: Belukar)
---------, 1993, Bunyah al-Aql al-‘Arabi: Dirasah Tahliliyah Naqdiyah li Nuzum al-Ma’rifah fi al-Thaqafah al-Arabiyah (Beirut : Al-Markaz al-Thaqafi al-Arabi)
---------, 2003, Kritik Kontemporer Atas Filsafat Arab-Islam, Alih bahasa : Moch. Nur Ichwan (Yogyakarta: Islamika)
Amin Abdullah, 2008, Mempertautkan ‘Ulum Al-Din Al-Fikr Al-Islami dan Dirasat Islamiyah; Sumbangan Keilmuan Islam Untuk Peradaban Global, disampaikan dalam Workshop Pembelajaran Inovatif Berbasis Integrasi-Interkoneksi, Yogyakarta , 19 Desember 2008.
---------, 1996, Studi Agama : Normativitas atau Historisitas, (Yogyakarta : Pustaka Pelajar)
DEPAG, 1995, Al Quran dan Terjemahannya, Jakarta
---------, 2001, Metodologi Pendidikan Agama Islam, Jakarta..
Musfikon, 2010, Pendidikan Agama Islam pada lembaga pendidikan Non Muslim, Studi multi kasus di Jawa timur, Disertasi, (PPS IAIN SUNAN Ampel Surabaya)
Muh.Surya, 2007, Perjuangan Guru Indonesia, (Penerbit Ganesa, BANDUNG)
Pusat Kurikulum Depdiknas, 2004, Standar Kompetensi Mata Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar dan Madrasah Ibtidaiyah (Jakarta: Depdiknas)
Please read Copyright Notice for Inovatif: Journal of Research on Religious Education and Culture